Jumat, 11 Mei 2012

VISI KEPENGURUSAN HMI CABANG AMBON 2012-2013


Berangkat dari pijakan bahwa Islam sebagai azas organisasi dan merupakan  ajaran yang haq dan sempurna dengan Nilai Dasar Perjuangan sebagai doktrin perjuangan Himpunan dan Iman, Ilmu dan Amal yang merupakan penjabaran kompleks dari doktrin tersebut yang semuanya mengarah pada terciptanya kemaslahatan hidup di dunia baik secara induvidu maupun kolektif.
Dalam konteks globalisasi dewasa ini, dari Islam dapat dipetik beberapa ajaran yang dapat menjadi acuan. Pertama Menganjurkan manusia untuk menyebar ke muka bumi untuk mencari Rizki Allah. Kedua Mengajarkakn manusia Berlomba lomba dalam Kebaikan. Ketiga Mewajibkan Umat Muslim Untuk menimba Ilmu sampai Akhir hayat. Keempat Selalu Memperbaiki Kualitas kerja Menganjurkan Kerja sama dan Menolak Bersekongkol dengan Kejelekan.
Selain pijakan di atas, dan untuk mengejawentahkan doktrin tersebut dalam ruang lingkup yang lebih kecil nan kompleks, HMI cabang Ambon pada periode kali ini merumuskan suatu rumusan strategis menuju sistematifikasi kultur kecendikaan HMI yang progresif dalam membangun daerah, umat dan bangsa. diantaranya :

Mengatur Pola perkaderan dari orientasi structural menuju orientasi kultural. Untuk itu, doktrin-doktrin perkaderan yang semata memiliki asumsi struktural, mesti dikikis seara proposional. Hal ini menjadi penting agar orang tidak mengikuti LK II atau LK III semata hanya untuk memburu jabatan.
Menghidupkan kembali lembaga-lembaga kekaryaan yang saat ini terkesan mati suri dan tidak dipedulikan. Lembaga-lembaga kekaryaan inilah yang kemudian menjadi lokomotif pembentuk kader cendekia yang profesional progresif dalam spesifikasi akademiknya.
Membangun kultur gerakan Epistemologi di tingkat perguruan tinggi dan kelompok-kelompok masyarakat.
Merancang pola pengelolaan Organisasi berbasis Manajemen IT.

 Dengan empat pilar itulah yang nantinya menjadi tolak ukur program kerja kepengurusan ini kedepan. Sehingga dari situlah akan terasah kreasi intelektual progresif dengan berlandaskan Iman, Ilmu dan Amal sebagai doktrin perjuangan Himpunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar